Home / Lauk / Tips

Sabtu, 17 Januari 2015 - 16:32 WIB

Cara Mudah Membuat Telur Asin Masir Asli Brebes; Bukan Cara Tradisional!

Resep Ummi – Assalamu alaikum bu ibu, mbak mbak yang cantik semua. O ya, kali ini saya menyapa bapak-bapak juga. Soalnya, resep kali ini bisa jadi lahab usaha bapak bapak. Kali ini ummi akan menulis artikel tentang cara membuat elur Asin Masir Asli Brebes

Seperti kita ketahui, telur Asin adalah masakan yang berbahan dasar telur dengan cara diawetkan melalui cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak).

Kebanyakan Telur yang diasinkan adalah telur itik. Namuna ada juga yang membuat telur asin dari Telur Bebek dan telur Ayam.

Telur asin terkenal adalah Telur Bebek Pelari, banyak diproduksi di Pulau Jawa. Kalau Di Jawa Tengah, daerah Brebes dikenal sebagai penghasil utama Telur Asin yang paling enak. Industri Telur Asin di Brebes cukup luas hingga tersedia berbagai pilihan kualitas Telur Asin.

Selain karena dikenal dengan rasanya yang enak, Telur Asin Brebes juga mengandung semua unsur gizi dan mineral lengkap, kandungan kalsium dapat meningkat 2,5 kali setelah pengasinan. Zat gizi yang ada pada telur sangat mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Cara membuat Telur Asin yang rasanya alami, yaitu dengan menggunakan cara tradisional. Adonan abu atau batu bata digunakan untuk membungkus telur. Namun, adapula yang menggunakan cara yang lebih praktis, yaitu seperti yang akan ummi uraikan.

Yuk langsung saja ya…

Bahan membuat Telur Asin Masir Brebes

  1. 10 hingga 30 butir telur bebek segar (paling baik telurnya berumur 1-2 hari)
  2. 500 gr garam dapur / garam kotak / garam krosok
  3. setengah sampai dua liter air bersih (bisa juga air mineral)
  4. Wadah yang bisa menutup rapat, atau ember plastik yang ada tutupnya juga bisa
Resep Lain  Resep Sup Sayur Bakso Segar Lezat

Cara membuat Telur Asin Masir Brebes

Pertama, rendam terlebih dahulu telur dengan air selama kurang lebih 2 menit, jika ada telur yang mengambang atau melayang lebih baik dibuang saja karena berarti telur tersebut jelek.

Setelah direndam dan memilah telur yang baik dan tidak, lalu dicuci hingga bersih sampai tidak ada kotoran yang menempel di kulit telur.

Kemudian, tiriskan telur lalu keringkan dengan handuk lembut sambil di perhatikan apakah ada yang retak atau tidak selama proses pencucian.

Buatlah larutan air dan garam, jika dengan kondisi air biasa garam susah untuk larut, maka anda bisa memanaskan air sambil diaduk perlahan hingga garam bisa terlarut semua. Biarkan air larutan garam dingin kembali, kalo masih hangat akan mempengaruhi proses pembuatan Telur Asin

Jika larutan air dan garam sudah dingin, tuangkan secara perlahan ke dalam wadah yang sudah terisi telur bebek tadi. Yang perlu anda perhatikan adalah semua telur bebek harus terendam larutan air garam (ternyata telurnya tidak mau tenggelam/mengapung di larutan air garam), hal ini wajar karena masa jenis larutan air garam lebih besar daripada masa jenis telur bebek.

Solusinya, silahkan siapkan kantong plastik kiloan lalu diisi dengan air bersih tidak susah penuh (separuh) dan kemudian taruh kantong plastik berisi air itu diatas rendeman telur tadi (kantong plastik itu menindih telur yang melayang di larutan garam tadi)

Tutup wadah tersebut dan simpan di tempat yang rata dan sejuk, lama perendaman 12 hari (sudah enak dan masir), namun jika lebih lama akan lebih baik, lebih asin, lebih awet dan lebih masir (kira-kira 3 minggu)

Setelah melewati batas waktu yang sudah ditentukan, saatnya proses perebusan telur asin. Perhatikan cara merebus telur asin. Untuk hasil rebusan yang baik, telur direbus dengan api kecil jangan sampai mendidih hingga matang selama -/+ 1,5 jam gunanya agar telur tidak pecah karena benturan sesama telur jika apinya besar dan mendidih. Waktu merebus telur, panci harus dalam keadaan terbuka dan jangan sama sekali ditutup.

Resep Lain  Resep Mujair Goreng Saus Merah, Bahan Banyak Tapi Mudah!

Selain direbus, telur asin mentah juga ada yang di kukus, waktunya juga sama minimal 1,5 jam dengan api sedang.
Jika anda kurang suka rasa asin yang berlebihan, takaran garam bisa dikurangi, yang terpenting tidak mengurangi waktu jarak perendaman.

Nah, demikian cara membuat Telur Asin Masir Brebes ala ummi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan hasilnya, eh… Artikelnya ke bu ibu yang lain ya…

Salam resep ummi

Share :

Baca Juga

Resep-Sop-Buntut-Sapi-Spesial-Nikmat

Lauk

Resep Sup Buntut Sapi Klepek Klepek
Spageti Telur Dadar

Lauk

Resep Spageti Telur Dadar. Buat Buka Puasa Lebih Nikmat
Resep Praktis Tumis Brokoli

Lauk

Resep Praktis Tumis Brokoli Pas Buat Sahur
resep Terong Goreng Tepung Gurih Renyah

Lauk

Resep Terong Goreng Tepung Gurih Renyah

Cake

Cara Membuat Kastengel Tanpa Mikser Tanpa Oven
cara membuat Terong Goreng Tepung Crispy

Lauk

Resep Terong Goreng Tepung Crispy Kriuk Kriuk
cara membuat Kare Ayam Kampung

Lauk

Resep Kare ayam kampung
cara membuat Plecing Kangkung Bali

Food

Resep Membuat Plecing Kangkung Bali Enak dan Mantap